Rabu, 23 April 2008

apa yang dimaksud Domain Name, Hosting, B2C, B2B


    • Arti istilah Domain name dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
      Satu nama yang ditujukan untuk domain. Sebuah nama yang bertindak sebagai {kunci} yang dipergunakan oleh client-client NIS untuk dapat mencari server NIS yang sesuai dengan nama domain name nya.

    SUMBER : http://www.total.or.id/info.php?kk=Domain%20name

    • Hosting service :
      Web hosting (resiko rendah).
      FTP server (resiko rendah).
      Mail (resiko rendah).
    Hosting adalah tempat untuk menyimpan dokumen HTML.
    Ada tiga tipe utama dalam layanan hosting yaitu :
    1. shared.
    2. dedicated.
    3. colocation.
    Contoh: http://gratisiklan.com/tags/contoh-iklan-hosting.html


    WEB HOSTING
    “If you want to go online, you will need a powerfull faster and reliable web server. You can host your web site to our web server so your web can be accessed via internet.” World Wide Web adalah bisnis yang membutuhkan webhosting handal, layanan sesuai kebutuhan, tetapi dengan harga terjangkau. IndoGlobal Web hadir dan siap melayani Anda secara profesional tanpa mengabaikan kenyamanan dan kebutuhan Anda. Juga siap menjadi Partner terbaik Anda di dunia Internet dengan menjadi penyedia layanan Hosting Terpercaya Anda. Hosting Murah Rp 3.500,- / bulan anda sudah bisa mendapatkan hosting yang handal.

    SUMBER : http://konsepit1.wordpress.com/

    • Transaction type service :
      E-commerce B2C (resiko sedang).
      E-commerce B2B (resiko sedang).

    Model E-Commerce diklasifikasikan menjadi:
    1. Bussiness to Bussiness (B2B)
    2. Bussiness to Customer (B2C)
    3. Untuk masa saat ini sudah ada e-commerce goverment yaitu Goverment to Business, Goverment to Contomer, dan Goverment to Govemernet.

    Model-model pendapatan yang bisa diperoleh pada bisnis E-Commerce:
    • Model eceran : penjualan secara langsung barang atau jasa
    • Model berlangganan : pembayaran langsung akan informasi yang diperoleh
    • Model beriklan : memasang banner atau iklan pada situs-situs terkenal
    • Model Cybermall : kumpulan badan bisnis yang menawarkan berbagai barang dan jasa
    • Model Intermediasi/ perantara : broker berbagai macam barang dan jasa

    Model Bisnis B2B

    Aplikasi e-commerce B2B yang melibatkan katalog elektronik, pertukaran, dan pangsa pasar pelelangan yang menggunakan website dan portal Internet, intranet, dan ekstranet untuk menyatukan pembeli dan penjual
    Banyak portal e-commerce B2B dibangun dan dioperasikan untuk berbagai industri oleh perusahaan pihak ketiga marker-marker yang disebut infomediaries, yang mana boleh mewakili konsortium dari perusahaan utama.
    E-commerce B2B juga meliputi aplikasi seperti pertukaran data elektronis, yang mana secara otomatis melakukan pertukaran dokumen bisnis di Internet.

    Model Bisnis B2B
    Yaitu :

    1. penjualan produk / jasa antar company atau antar badan bisnis.
    2. Di dalam B2B, transaksi online dilakukan antara bisnis dan bisnis yang lain.
      Partisipannya meliputi bisnis atau organisasi lainnya

    Karakteristik B2B
    Karakteristik transaksi B2B pada umumnya :
    • Penjualan barang / jasa dalam jumlah yang banyak atau borongan.
    • Biasanya dengan harga yang khusus / lebih murah, karena pembelian dilakukan dengan jumlah banyak guna dijual kembali.
    • Koneksi on-line antara vendor dengan pembeli.

    Contoh: http://www.verticalnet.com/


    Keuntungan B2B

    Pencapaian kesempatan berkompetisi secara nyata :
    • Produktivitas kerja yang besar dan postensial.
    • Penghematan waktu dalam melakukan transaksi.
    • Berkurangnya biaya yang harus dikeluarkan (Proses yang cepat, transparan, dan harga yang lebih murah)
    Pengurangan biaya atau pengeluaran :
    • Cisco System ($ 3.5 billion dalam pengurangan biaya pada tahun 1998)
    • DELL Computer Corporation (over $ 1.7 million/day)

    Tantangan B2B
    • Data cost OSS yang kuat berbasis accounting
    • Transformasi paralel dari semua orang atau budaya dalam hal proses dan teknologi
    • Pembaruan adalah hal yang sangat penting
    • Perundangan pemerintah
    • Proses perjanjian kerja sama
    • Harga dan pembayaran

    Model Bisnis B2C

    Khususnya bisnis yang menjual produk dan jasa ke konsumen pada website e-commerce yang menyediakan halaman Web yang menarik, katalog multimedia, proses pemesanan yang interaktif, sistem pembayaran elektronik yang aman, dan dukungan kustomer secara online.

    Model Bisnis B2C
    Yaitu :

    1. penjualan produk atau jasa antara company dengan konsumen.
    2. Di dalam transaksi B2C, transaksi online dibuat antara bisnis dan konsumen.
      Transaksi ini meliputi transaksi penjualan dengan pembeli-pembeli individu

    Contoh : http://www.nokia.com/
    http://www.fastncheap.com/
    http://www.ebay.com/

    Karakteristik B2C
    • Penjualan secara eceran dari company/ badan bisnis langsung ke konsumen akhir
    • Produk eceran yang sangat beraneka ragam
    • Pembayaran secara on-line menggunakan kartu kredit
    • Berbelanja dengan sangat mudah
    • Usaha berpromosi dengan menggunakan penjualan silang antara produsen dengan konsumen atau dengan adanya potongan harga

    Keuntungan B2C

    Keuntungan bagi badan bisnis :
    • Akses ke pasar global secara langsung
    • Penghematan waktu dan tempat
    • Pengurangan biaya yang sangat berarti
    • Kesediaan penuh : 24 jam perhari dan 7 hari perminggu

    Keuntungan bagi konsumen :
    • Berbelanja secara on-line tidak sesulit dari apa yang biasa didapat di pasar tradisional
    • Mudah dalam penggunaannya, tidak memerlukan kepandaian khusus
    • Banyak pilihan yang didapat dengan mudah ditambah dengan kerahasiaan yang dijamin
    • Product-on-demand ( apa yang anda perlukan akan anda dapatkan )


    Pada B2C, pemesanan dilakukan melalui portal Web (forms)
    Proses administrasi secara otomatis
    Data dijamin akurat: sistem dapat memeriksa keabsahan input dan melaporkan kesalahan, jika ada, untuk dikoreksi secara langsung (interaktif)
    Mengurangi beban administrasi bagi penjual - karena data sudah langsung masuk ke sistem.

    Tantangan B2C
    • Transformasi Budaya dari tradisional ke on-line
    • Memerlukan kepercayaan yang sangat tinggi
    • Keterbatasan pembayaran (transaksi maksimum, keamanan dll)
    • Sistem pengiriman

    SUMBER :

    1. http://www.tibran-yusuf.com/persekitaraan/e_commerse.htm
    2. http://ronnyfch.files.wordpress.com/2008/04/04a-proses-proses-bisnis-e-commerce.ppt

    Tidak ada komentar: